Wednesday, February 8, 2012

Unsur-Unsur Organisasi


Unsur-unsur organisasi merupakan elemen-elemen yang saling terkait satu dengan yang lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu hingga terbentuk organisasi. Unsur-unsur organisasi antara lain:
1.      Orang
Dalam suatu organisasi harus ada sekelompok  orang yang bekerja dan salah satunya ada yang memimpin organisasi tersebut. Tanpa ada pimpinan dari seseorang, maka organisasi tersebut tidak akan berjalan dengan baik.
2.      Tujuan
Dalam organisasi harus ada tujuan yang akan dicapai, baik itu dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.
3.      Posisi
Setiap orang yang ada dalam suatu organisasi akan menempati posisi atau kedudukannya masing-masing, dimana masing-masing posisi harus saling bekerjasama kalau ingin tujuan organisasi tersebut dapat dicapai.
4.      Pekerjaan
Setiap orang yang ada dalam organisasi tersebut memepunyai job atau pekerjaan masing-masing sesuai dengan posisi yang dimiliki.
5.      Teknologi
Setiap organisasi dalam mencapai tujuan baik itu jangka panjang maupun jangka pendek, pasti membutuhkan teknologi untuk membantu dalam pengolahan data untuk menjadi suatu informasi. Teknologi itu biasa berupa perangkat keras, perangkat lunak dan perangkat manusianya sendiri.
6.      Struktur
Struktur organisasi merupakan pola yang mengatur pelaksanaan pekerjaan  dari   setiap   orang   yang   ada   dalam   organisasi  tersebut. 
Struktur  ini   juga mengatur hubungan kerja sama antar setiap orang yang ada dalam organisasi untuk mencapai tujuan yang disepakati.
7.      Lingkungan luar
Lingkungan luar organisasi merupakan elemen yang sangat penting dan akan mempengaruhi keberhasilan suatu organisasi. Misalnya ada kebijakan pemerintah tentang organisasi, maka organisasi tersebut harus sudah siap dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi apabila ada peraturan pemerintah yang baru.

Silahkan Berkomentar Pada Form Komentar dengan sopan dan santun .. No Spam .... !!! thank's @Admin
EmoticonEmoticon